Karimun Jawa adalah sebuah kepulauan yang terletak di Laut Jawa, 45 mil dari daerah Jepara dan 60 mil dari Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah. Karimun Jawa dikenal dengan terumbu karang yang begitu menakjubkan, lokasi penyelaman dan pantai yang berpasir putih. Terumbu karang dengan berbagai jenis bentuk serta ada yang membentuk tembok batas koral terbentang di dalam kedalaman dari 15 meter sampai 40 meter.

Tempat yang paling populer akan pariwisata kelautannya di daerah ini adalah Pulau Menyawakan, tempat yang begitu pas untuk menyelam dan dihiasi dengan koral-koral cantik seperti layaknya di beberapa pulau lainnya di Karimun Jawa. Perairan di sekitar penginapan begitu jernih sehingga kita dapat melihat dengan jelas hamparan terumbu karang dari atas permukaan laut.

Para pengunjung juga dapat menemukan sensasi pengalaman menakjubkan bersnorkeling di sekitar pulau dan melihat beraneka warna terumbu karang, ikan-ikan yang hidup di sekitar terumbu karang dan beragam spesies bawah laut lainnya. Perairan yang dangkal dan jernih memungkinkan Anda untuk menyaksikan kehidupan bawah laut dari permukaan dengan menggunakan perahu yang dilengkapi dengan kaca di bagian perut kapal. Atau Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan olahraga air seperti memancing, selancar angin, berski air dan jet ski mengelilingi pulau.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung
Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau-pulau di Karimun Jawa adalah di April sampai November. Bisa pula di Desember hingga Maret, namun karena ini juga bertepatan dengan musim penghujan, maka pengunjung akan mengalami angin yang cukup keras dan ombak yang tinggi. Waktu ternyaman untuk mengunjungi Karimun Jawa adalah April hingga Juli dan September hingga November karena air dan angin yang cenderung tenang. (travelindo.com)